Ayam dan Telur Sebagai Sumber Gizi dan Kaya Akan Nutrisi

Siapa sih yang gatau ayam dan telur? Bahan makanan ini termasuk bahan makanan andalan di Indonesia, karena memang cukup mudah untuk ditemukan dan juga mudah untuk mengolahnya menjadi makanan yang enak dan bergizi. Tapi, tahukah kalian kalo ayam dan telur memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi? Mari kita lihat gambar tabel di bawah ini: 



Bisa dilihat pada bagian kolom kandungan protein, bahwa daging dan telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi bukan? Selain protein, masih banyak loh kandungan gizi yang terdapat dalam ayam dan telur.
Yang pertama akan saya bahas adalah tentang kandungan gizi dalam telur. Menurut dokter gizi, telur adalah makanan yang paling padat gizi di antaranya mengandung 90% kalsium, mineral, zat besi yang terdapat dalam kuning telur dan mengandung 6 gram protein dan juga 9 asam amino esensial yang terdapat dalam putih telur. Telur bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, dan saya akan beri gambaran tentang kandungan gizi pada masing-masing olahan telur pada tabel berikut


Selain protein, terdapat nutrisi lain pada telur, seperti kalori, lemak, besi, dan vitamin A. Untuk orang diet, telur sangat disarankan sebagai pengganti menu sarapan karena rendah lemak dan kalori namun tinggi protein. Banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi telur, diantaranya adalah  menjaga kesehatan mata dan membantu perkembangan otak. Bagi kalian yang ingin menjaga mata agar tetap sehat, maka dianjurkan untuk mengonsumsi telur dengan rutin atau setiap hari. Karena kandungan karetoroid yang terdapat di dalam kandungan gizi telur ayam ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kuning telur yang merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan kolin yang sangat dikenal sebagai salah satu zat gizi yang dapat membantu fungsi syaraf. Telur merupakan sumber vitamin D yang baik. Vitamin ini sangat dubutuhkan oleh tubuh, karena fungsinya dalam membantu penyerapan kalsium serta menjaga kesehatan tulang. Karenanya, telur juga penting dalam mencegah resiko osteoporosis, tentunya jika dikombinasikan dengan berbagai sumber kalsium lainnya, baik sumber nabati maupun hewani. Selain manfaat untuk bagian dalam tubuh, telur juga bisa untuk merawat kulit kalian loh, terutama untuk yang wanita. Putih telur bisa dijadikan masker wajah, yang mana bisa membuat kesehatan kulit wajah lebih terjaga.
Sekarang beralih ke daging ayam, tentang manfaatnya bagi tubuh manusia. Konsumsi ayam telah ditemukan berguna dalam mengontrol tekanan darah. Ayam bukan hanya sumber protein yang sangat baik, tetapi juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik juga. Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam ayam sangat banyak, dan berguna untuk berbagai proses dalam tubuh kita. Misalnya, vitamin B, vitamin D, dan vitamin A. Nah, sebelum lanjut, saya akan memberikan tabel perbandingan kandungan gizi dalam daging ayam dengan daging bebek


Berdasarkan tabel diatas, dapat dilihat bahwa protein dalam daging ayam lebih banyak dibandingkan daging bebek, namun kalori pada daging bebek lebih banyak daripada daging ayam. Daging bebek juga mempunyai kandungan lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan daging ayam. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa, lebih baik untuk kita mengonsumsi daging ayam. Selain karena tinggi protein, daging ayam juga rendah kalori dan lemak. 
Setelah mengetahui nilai gizi dan manfaat dari telur dan ayam, apakah diantara kalian masih ada yang ragu untuk mengonsumsinya? Untuk menyambut Hari Ayam dan Telur Nasional, saya mengajak kalian untuk rajin mengonsumsi telur dan ayam. Selain karena banyak mengandung nilai gizi, ayam dan telur juga bisa bikin kita pinter loh, dan sehat tentunya!


Komentar